Mololohu Tamani Tangguliyo Te Tauleh

Ayo Ketawa! - Uti dari Gorontalo pergi ke Manado untuk mencari keberadaan Sahabatnya yang sudah lama berpisah. Tamani liyo boti tangguliyo te Tauleh.

Ketika sampai di Manado, Uti melihat ada sebuah mobil Ferari terparkir di pinggir jalan, Uti pun bertanya kepada orang yang kebetulan berpapasan dengannya," Eh sahib, kalo boleh tau, sapa pe oto itu kang?", orang yang ditanya menjawab "Tau leh...."

(Note : Tau leh, adalah dialeg orang Manado yang menyatakan ketidaktahuan)

Mendengar itu, Uti pun berkata" Alhamdulilah.. rupa so kancang te Tauleh ini eh..".

Uti pun kembali melanjutkan perjalanannya, ketika dia melihat gedung yang sangat megah dan bertingkat-tingkat, Uti pun bertanya pada orang disebelahnya.

"Ehh nyong, sapa pe rumah ini pe gaga bagini?".

Seperti yang pertama, Orang yang kedua ini pun menjawab, "Tauuu leh.."

Uti pun sangat gembira mendengarnya dan berkata dalam hatinya sambil menggeleng-gelengkan kepalanya, "Oh, banari uwam... memang so kancang te rajal ini sup.. so ada oto gaga.. wawu maa o'bele gaga da'a...."

Tiba- tiba, Uti melihat mobil jenazah yang melewatinya dengan diikuti para pelayatnya. Uti pun menjadi penasaran dan bertanya kepada orang disebelahnya yang ikut menyaksikan mobil jenazah lewat.

"So sapa yang meninggal itu eeeee?"

Karena tidak tahu siapa yang di dalam mobil jenazah, orang ini pun kemudian menjawab, "Tauleh....".

Mendengar itu, seketika Uti pun memegang dadanya dan berkata, "Inalilahi..  te Tauleh bo mayilate..." lalu menangis tersedu-sedu. (www.ayoketawa.com)