Ketika Kiai Menjadi Politikus dan Naik Ke Pentas Politik

Ayo Ketawa! - Seorang Kiai dan seorang Pejabat Daerah berada di panggung di depan kerumunan besar orang pada saat kunjungan pejabat itu untuk mensosialisasikan wakilnya dan nomor urut paslon dalam pilkada nanti. Kiai ini digandeng menjadi wakil pejabat daerah ini.

Sang Kiai mendekat ke arah Pejabat dan berkata lirih, "Apakah Bapak tahu bahwa dengan satu lambaian kecil dari tangan saya, saya dapat membuat setiap orang di depan kita ini menjadi penuh dengan sukacita? Sukacita dengan bertepuk tangan ini tidak akan hanya sesaat, seperti halnya pengikut dan simpatisan Bapak, tetapi sukacita ini akan masuk jauh ke dalam hati mereka dan selama sisa hidup mereka setiap kali mereka berbicara tentang kegiatan hari ini, mereka akan bersukacita!"

Pikiran dan hati pejabat ini sontak menjadi warna-warni, antara senang dan ragu-ragu. Pejabat ini pun menjawab diplomatis, "Saya benar-benar meragukan itu Pak Kiai. Dengan satu lambaian kecil dari tangan Anda? Coba tunjukkan pada saya!"

Seketika, Kiai langsung menampar Pejabat itu dan kerumunan massa di depan mereka bertepuk tangan riuh gegap gempita. Mereka bersorak, "Hidupppp Kiai...!!!" (www.ayoketawa.com)