Cerita Lucu Sedekah Hari Jumat

Ayo Ketawa! - Pada saat Khotbah Jumat, hampir di setiap masjid selalu ada kotak amal yang berjalan estapet, dibantu oleh para jemaat yang duduk berbaris menghadap kiblat dan mendengarkan khotbah sang khatib.

Bukan tidak mungkin jika hari itu, banyak orang yang sudah mempersiapkan sejumlah uang untuk disedekahkan. Jumlahnya beragam, sesuai kemampuan masing-masing individu.

Seorang pemuda, sebut saja namanya Mukidi, bisa dikatakan orang ini berkecukupan, karena dari penampilannya rapih dan rupawan. Mukidi menyiapkan uang di saku celana sebelah kanan Rp. 20.000,- untuk beramal dan saku sebelah kirinya dipersiapkan uang yang lebih banyak untuk jaga-jaga saja, jika ada hal-hal yang diinginkan.

Kotak amal sudah hampir mendekatinya, sekitar 3 orang dari tempat duduknya, Mukidi mulai mencari-cari uang untuk diamalkannya, namun uang itu tidak ditemukan. Mukidi masih ingat betul bahwa uang itu ada di saku sebelah kirinya.

Mukidi terus merogoh-rogoh dan mencari uang itu, namun hanya ada uang di saku sebelah kanannya saja, ketika Mukidi merogoh saku bajunya, dia menemukan uang Rp. 2.000,- karena kotak itu sudah berada tepat di depannya, tanpa berpikir panjang dia memasukkan uang itu ke dalam kotak amal.

Tiba-tiba orang tua yang duduk di belakang Mukidi, menepuk pundaknya. Seketika Mukidi kaget, dan merasa malu, dalam hati Mukidi berkata, “Aduh, jangan-jangan dia tahu aku hanya memasukkan uang ini”

Dan betul saja, orang itu memberikan 3 lembar uang Rp 100.000,- kepada Mukidi, dengan tersenyum malu dan tanpa pikir panjang, Mukidi bergegas memasukkan 3 lembar uang itu ke dalam kotak amal.

Orang tua yang memberikan uang ini dengan setengah berbisik berkata,

“Mas, itu uang kamu yang jatuh dari saku sebelah kananmu,”

“Haahh???!?!??!?!”

Reaksi kaget Mukidi yang spontan membuat orang tua itu tersenyum lebar. (www.ayoketawa.com)