Nekad Main Suten Dengan Genderuwo

Ayo Ketawa! - Rabu pagi di kampung Ateng ada yang meninggal dunia. Malam harinya keluarga yang berduka mengadakan kendurian (Tahlilan) di rumah orang yang meninggal tadi. Jarak rumah Ateng dengan orang yang meninggal sebenarnya tidak jauh-jauh amat, hanya saja melewati jalan yang agak gelap karena di kampung Ateng lampu penerangan masih jarang listrik pun sering padam karena memakai diesel.

Suasana kendurian benar-benar sakral, hingga yang mengikuti sampai larut malam. Tepat jam 22.00 WIB Kendurian pun selesai, semua orang pada pulang begitupun Ateng adanya. Suasana gerimis diringi dengan nyanyian jangkrik dan kodok, Ateng berlalu di kegelapan.

Sesampainya di tempat yang agak gelap, Ateng melihat sesosok orang tinggi besar penuh bulu pas didepan Ateng, menunjuk ke arah Ateng. Dalam pikiran Ateng apakah ini yang dinamakan Genderuwo? Antara sadar dan nggak sadar Ateng pun keringetan dibuatnya.

Sambil gemetar Ateng baca-baca “Ayat kursi”. Sampai habis Ateng baca, orang tinggi besar tadi masih menunjuk Ateng. Terus baca lagi surat “Alfatihah” sampai habis. Orang tinggi besar tadi masih menunjuk ke arah Ateng, baca Qulhu sampe habis, juga masih nunjuk Ateng. Setelah terdiam sebentar Ateng baru ingat saat-saat kecil Ateng main suten. dimana kalo Telunjuk pasti kalah dengan Gajah.

Inget itu langsung saja Ateng kasih jempol tangan kanan Ateng, dan ternyata orang tinggi besar tadi menghilang sambil mengatakan, “Wah.. Wah.. wahhhh kalah aku.. Yaudah kamu yang menang..” (www.ayoketawa.com)