Membawa Tamu Hotel Ke Shopping Center

Ayo Ketawa! - Parto, seorang tukang becak di kawasan Prawirotaman, Yogya. Walau sebagai pengayuh becak, ia mampu berbahasa inggris walau hanya pas-pasan. Rupanya Parto belajar secara otodidak.

Suatu hari, saat Parto ngetem di depan hotel mawar, datanglah bule menghampirinya.

Mister : "Excuse me!!"
Parto (logat jawa) : "Ooh yes..mister..."

Mister : "Could you pick up me to shopping center??"
Parto : "Oh iya... please mister...!"

Parto segera mempersilahkan si bule duduk di dalam becaknya. Dengan penuh semangat 45, Parto mengayuh becak menyusuri jalanan di kota gudeg tersebut.

30 menit kemudian.

Parto dan si bule kembali ke hotel Mawar, kali ini si bule marah-marah.

Parto yang bahasa inggrisnya pas-pasan cuma bisa bilang "sorry" berulang-ulang. Sebenarnya Parto sendiri bingung alasan si bule marah-marah. Karena Parto merasa yakin sudah melakukan yang terbaik.

Melihat kondisi seperti ini, receptionis hotel Mawar yang sedari tadi memperhatikan datang dan berusaha mencari tahu ada apa gerangan si bule marah-marah.

Receptionis : "Ada apa to lek, kok si mister marah-marah??!"

Parto : "Lah nggak jelas kenapa bule itu marah-marah mas, padahal tadi saya merasa sudah melakukan yang terbaik saat dijalan.."

Receptionis : "Memangnya si mister mau kemana tadi??"

Parto : "Gini mas.... tadi kan si mister bilang mau ke "Shopping center". Lah saya bawa dia ke toko orang jualan center kok malah dia marah-marah. Kan shopping itu artinya belanja mas... center itu kan lampu sorot. Betul gitu kan mas??!"

Saat Parto berapi-api membela dirinya sendiri, Receptionis pun bergegas pergi masuk lagi hotel Mawar sambil geleng-geleng kepala. (www.ayoketawa.com)