Penyuluhan Cara KB Menggunakan Kondom

Ayo Ketawa! - Ibu-ibu Kampung Sidorukun lagi berkumpul di Balai Desa, menerima penyuluhan tentang Keluarga Berencana dan tata cara ber-KB.

Terlihat seorang Bidan menerangkan tata cara ber KB kepada warga.

"Ibu-ibu warga Sidorukun sekalian, Jika ingin ber KB, program 2 anak saja, ada berbagai caranya, seperti yang pertama dengan cara sepiral, yang kedua dengan cara suntik, yang ketiga dengan cara operasi tutup, yang keempat dengan cara minum pil, dan yang kelima dengan cara alat kontrasepsi Kondom...", terang bidan.

Ia menjelaskan satu-persatu dan didengarkan dengan serius oleh seluruh peserta. Sampai akhirnya si Bidan menjelaskan ke cara yang nomor 5 yaitu cara ber-KB menggunakan kondom.

Si Bidan menerangkan cara pemakaian kondom dengan langsung mempraktekannya dihadapan warga.

"Perhatikan baik-baik ya cara ber-KB yang terakhir ini, terutama buat ibu-ibu...", Pintanya.

Ia kemudian terlihat menyobek kondom dan mengeluarkannya dari bungkusan. Si Bidan lalu mulai menjelaskan cara menggunakan kondom.

"Ibu-ibu, perhatikan saya ya? Ini tata cara menggunakan kondom ya? Perhatikan kesini, ke jempol saya... saya masukkan kondomnya secara perlahan sampai pangkal jempol ya? Ingat.. Pasang sampai ke pangkalnya. Lalu, setelah itu, silakan lanjutkan "permainannya" dengan suami",  jelas Bidan sambil senyum-senyum.

Singkat cerita...

3 bulan berselang usai penyuluhan ini, seorang ibu mendatangi rumah bidan tersebut sambil marah-marah.

"Ibu bidan ini gimana? kenapa saya bisa hamil lagi, padahal saya sudah ikut KB seperti yang ibu ajarkan..!!", ketus ibu.

"Mohon maaf bu, kalau boleh tahu ibu KB-nya pake sistim apa buu??", Bidan bertanya dengan sabarnya.

"Itu loh bu Bidan, Sistim yang terakhir, yang ibu bilang, pake Kondom...", kata Ibu.

"Ohh, trus cara ibu memakaikan Kondom gimana?", tanya bidan penuh selidik.

Dengan semangatnya si ibu menjawab sambil mengeluarkan sisa kondom yang sengaja dia bawa dari rumah.

"Gini lho bu bidan.. pas saya akan berhubungan dengan suami, yaa saya keluarkan kondomnya...", si Ibu mulai menjelaskan.

"Terus...??", Tanya si bidan penasaran.

"Terus saya pakaikan seperti yang bu Bidan praktekkan.. Gini lho buu..!!", Terang si ibu sambil memakaikan kondomnya di jempol dan masuk sampai ke pangkalnya.

"Oaaalahhh bu... Ibu... memang begitu caranya, tapi bukan di pasang di jempolnya Ibu. Pasangnya di "anu" nya suami Ibu..." Kata Bidan sambil geleng-geleng kepala bingung mau ngomong apa lagi.

"m(_ _)m"... Maaf bu bidan, saya kira pasangnya di Jempol..", sahut ibu tersipu malu. (www.ayoketawa.com)