Pentingnya Datang Lebih Awal Saat Jumatan

Ayo Ketawa! - Ini menjadi pelajaran berharga bagi para khatib shalat jum’at, apalagi bagi mereka yang sudah diseganai oleh masyarakat agar memperhatikan waktu datang di masjid. Lebih baik datang dan I’tikaf dulu di masjid, daripada harus tergesa-gesa dan menyebabkan kejadian menggelikan di bawah ini.

Di sebuah daerah di Surabaya tepatnya masjid daerah sekitar pantai Kenjeran. Waktu itu adzan pertama sudah dikumandangkan, tetapi khatib belum juga datang. Usai shalat sunnah bilal berdiri seperti biasa memperingatkan kepada jamaah agar mendengrkan dan mencermati isi khutbah. Barang siapa bicara satu kata saja ketika khatib mulai berdiri, maka shalat jum’atnya menjadi sia-sia alias dia tidak mendapatkan pahala.

Nah, ketika khatib pengganti sudah bersiap, ternyata dari arah belakang khatib asli yang sesuai jadwal datang tiba-tiba dan mengambil tongkat dari sang bilal sebagai tanda kesiapannya untuk berkhutbah. Dia berdiri di atas mimbar lalu salam dan duduk. Orang-orang yang melihatnya tersenyum.

Ketika khutbah, dia semangat luar biasa. Karena hampir semua memperhatikan dia saat berkhutbah ditambah dengan senyuman pula. Padahal biasanya banyak yang tertidur.

Ketika khutbah selesai dan dilanjutkan dengan shalat, dia baru sadar saat kesulitan saat akan sujud, ternyata dia lupa mencopot helmnya.

Arif khunaifi
Cerita ta'mir masjid Kalilom Surabaya